Welcome to our website !

Investasi Sosial

By 1:07 AM


Tak terasa, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ini sudah memasuki dua hari terakhir. Sepertinya baru kemarin, Taman Kuliner dan para penghuninya mulai berdandan untuk menyambut event besar ini. Sepertinya baru kemarin, pidato pembukaan dilakukan di panggung utama. Sepertinya baru kemarin kami sedikit kewalahan menyambut pengunjung yang berkali-kali lipat dari hari-hari biasanya.

Jujur saja, ini adalah kali pertama Kedai Lokalti, dan mungkin banyak stand lainnya ikut menjadi bagian dari event tahunan ini. Dan pertama kalinya juga semenjak berdiri delapan tahun lalu, Taman Kuliner mendapatkan rekor pengunjung terbanyak, 17400 pengunjung (Sabtu, 22 Agustus 2015), dan mungkin akan pecah lagi rekornya pada malam penutupan.

Entah bagaimana lagi caranya berterima kasih kepada para panitia dan juga volunteer (relawan) yang sudah merelakan tenaga dan waktunya untuk menyelenggarakan event ini. Apalagi setelah mengetahui jika ternyata, sebenarnya tidak ada yang namanya panitia. Mereka semua adalah volunteer. Yang disebut panitia adalah mereka yang mempunyai tanggung jawab dan kedudukan lebih dari volunteer. Tetapi untuk hak yang mereka dapatkan, tidak ada bedanya. Itu yang saya dengarkan sendiri dari para panitia.

Tidak ada investasi apa-apa yang didapatkan para panitia dalam event ini, selain investasi sosial (istilah yang saya dapatkan dari Mas Lintang) yang mereka berikan kepada lebih dari 200 stand yang ada, kepada banyak pengisi acara unjuk kebolehan, dan juga kepada warga kampung sekitar yang turut menjaga dan mengamankan festival yang sudah berumur 27 tahun ini. Karena sepertinya tidak ada yang rugi, semua diuntungkan, hanya saja besar kecilnya keuntungan yang membedakan.

Dan sangat maklum, jika ada beberapa kekurangan dari panitia selama acara berlangsung. Tapi itu pun seharusnya sudah sangat tertutupi dengan apa yang mereka sudah lakukan, apa yang sudah mereka korbankan.

Kami yakin, investasi sosial tersebut segera mendapatkan balasannya, cepat atau lambat. Sekali lagi, maturnuwun, dan semoga tidak menyesal telah mengadakan Festival Kesenian Yogyakarta di Taman Kuliner, sehingga tahun depan, kami kembali mendapatkan kesempatan untuk ikut meramaikan event ini lagi. Tentunya dengan pertunjukkan dan keadaan yang lebih baik.

You Might Also Like

2 comments

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete