Welcome to our website !

Bahaya Teh Celup

By 5:18 PM

 
Setiap orang pasti suka dengan hal-hal yang praktis. Semakin kesini, kepraktisan merupakan hal selalu dicari dan diinovasikan. Salah satu bentuk kepraktisan pada teh adalah teh celup. Ya, banyak orang memilih mengkonsumsi teh celup karena praktis, tidak ribet, tidak kotor, dan gampang disajikan.

Tetapi, sebenarnya, teh celup juga berbahaya bagi kesehatan. Namun sebelum menjelaskan efek-efek negatif dari teh celup, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu tentang sejarah dari teh celup itu sendiri.

Sebenarnya, keberadaan teh celup berasal dari kejadian yang tidak disengaja. Teh celup ditemukan oleh Thomas Sullivan, seorang pedagang dan eksportir teh  dari New York. Thomas mencoba berinovasi mengirim sample teh dalam kantong sutra kecil kepada para pelanggannya. Alasannya menggunakan kantong sutra karena alasan ekonomis, kalau menggunakan kaleng, selain biaya pembuatannya lebih mahal, teh yang dikemas juga harus lebih banyak.

Pada awalnya para pelanggan Thomas bingung dengan kemasan baru ini. Mereka menganggap kemasan ini sama saja dengan teh yang dimasukkan dalam saringan metal, mereka langsung melemparkan begitu saja kemasan tersebut ke dalam air panas. Baru kemudian mereka menyadari bahwa ternyata kemasan tersebut cukup praktis untuk menyeduh teh secara langsung.

Mereka menganggap ini lebih praktis karena tidak perlu membersihkan saringan teh atau teko. Selesai diseduh, kemasan berikut tehnya bisa langsung dibuang. Lama-kelamaan permintaan sample teh dalam kemasan makin banyak, dan pada akhirnya Thomas Sullivan menyadari bahwa ini bisa menjadi dagangan yang menguntungkan. Teh celupnya mulai dipasarkan secara komersial pada tahun 1904, dan dengan cepat popularitasnya menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Namun seiring perkembangan zaman, kantong teh kemudian berganti, dari sutera ke kertas. Hampir di setiap restoran, dan hotel, pasti menggunakan teh celup. Inilah yang kemudian menimbulkan masalah.

Pada umumnya kertas dibuat dari pulp (bubur kertas), yang terbuat dari bahan kayu, bubur ini berwarna coklat tua, untuk membuat serat pulp itu berwarna putih, digunakan sejenis bahan kimia pemutih yang terbuat dari senyawa chlorine yang sangat pekat. Namun dalam prosesnya, chlorine ini tetap tertinggal dalam produk kertas karena tidak dilakukan penetralan karena biayanya sangat tinggi. Kertas semacam inilah yang kemudian digunakan sebagai kantong teh celup.

Zat chlorine ini fungsinya untuk disinfektan kertas sehingga kertas akan terbebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. dan kertas pun tampak lebih bersih, Nah, karena disinfektan, chlorine dalam jumlah besar tentu berbahaya.

Tak jauh beda dari racun serangga. Banyak penelitian mencurigai kaitan antara asupan chlorine dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang dan kanker. Sehingga dianjurkan jangan mencelupkan teh celup dalam waktu lama.

Jika mencelup kantong teh lebih dari 3 - 5 menit, maka dipastikan chlorine akan ikut larut dalam teh. Dan banyak khasiat teh yang tertinggal dan hilang. Sehingga, agar terhindar dari kemungkinan - kemungkinan penyakit, sebaiknya jangan mencelup kantong teh lebih dari 3 menit.

Minumlah teh, bukan chlorine.

You Might Also Like

2 comments

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete